Ratusan Ribu Insinyur Dibutuhkan Sukseskan MP3EI

Nusantara

Kejaksaan Negeri Pangkep Ikut Lomba Sidakarya 2013

Pangkep, InfoPublik - Dua Kejaksaan Negeri yang ada di Sulawesi Selatan, yakni Kejaksaan Negeri Pangkep dan Kejaksaan Negeri Palopo, kini tengah melakukan pembenahan menyeluruh dalam rangka mengikuti lomba Sidakarya tingkat nasional.

Sebelumnya, ada tiga Kejaksaan Negeri yang diusulkan untuk mengikuti lomba tersebut, namun setelah dilakukan inspeksi pengawasan dari pihak Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi, akhirnya Kejaksaan Negeri Pangkep dan Palopo yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal tersebut sesuai dengan surat perintah Jaksa Agung Muda Pengawasan No: PRIN-140/H/Hjw/07/2013, dimana sebanyak 41 Kejaksaan Negeri dan Tinggi yang ada di Indonesia ikut serta untuk mencapai hasil yang optimal.

Oleh karena itu, Kejaksaan Negeri Pangkep kini terus melakukan pembenahan secara menyeluruh dengan meningkatkan kinerja serta disiplin pegawai terutama terkait dengan manajerial kejaksaan, Tata administrasi, penggunaan anggaran, pemeliharaan aset, kepegawaian, komunikasi, kemuspidaan, serta kebersihan lingkungan.

Kejaksaan terus berbenah diri secara menyeluruh di semua pelayanan manajerial dalam menghadapi lomba Sidakarya di tahun 2013.

“Di mana akan ada penilaian dari tim Kejaksaan Agung yang secara mendadak akan turun antara  tanggal 26-29 Agustus," ujar Kajari Pangkep Yeni Andriyani SH MH, Selasa (20/8), saat meninjau dan terjun langsung membersihkan sejumlah ruangan kerja para kasi serta ruang publik di Kantor Kejaksaan Negeri Pangkep.

Berbagai persiapan inovasi baik dalam kasus pidana umum dan pidana khusus, kini kejaksaan mulai melakukan pembenahan dalam pemanfaatan teknologi berupa IT, sehingga masyarakat mudah memantau dan mendapatkan informasi terkait persoalan hukum melalui evaluasi kerja tiap bidangnya.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya mewujudkan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam penegakan hukum. Kejaksaan Negeri Pangkep selain menyiapkan ruang pengaduan khusus, juga menginformasikan berbagai hal ke masyarakat termasuk berbagai perkara yang telah berkekuatan hukum.

"Oleh karenanya, dalam menghadapi penilaian ini, saya telah meminta jajaran jaksa yang ada di lingkup Kejaksaan Negeri Pangkep untuk meningkatkan disiplin kerja," katanya. 

Ada enam bidang penilaian Lomba Sidakarya, yaitu kinerja, bidang pembinaan, intelijen, pidana umum, pidana khusus, dan perdata umum, dimana pencapaian tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya kerjasama tim yang solid.

Ditambahkannya bahwa saat ini dengan jumlah jaksa 12 orang serta pegawai seluruhnya sekitar 25 orang, kejari Pangkep dalam beberapa bulan terakhir banyak menangani kasus pidana umum seperti lakalantas, pembunuhan, sengketa tanah dan kepemilikan senjata tajam, sedangkan kasus lainnya yakni perkara narkoba dan tipikor. "Untuk Narkoba dalam sebulan hanya sekitar 2 kasus," ungkapnya.(ade/toeb)